Ini Pengaruh APBN terhadap perekonomian masyarakat

Tags

APBN merupakan pedoman bagi perekonomian bertujuan untuk menstabilkan perekonomian negara, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan pemerataan pendapatan.

kebijakan anggaran negara (APBN) mempunyai dampak atau pengaruh yang cukup penting dalam mendorong aktivitas perekonomian, terutama ketika dunia usaha belum sepenuhnya pulih akibat terjadinya krisis ekonomi beberapa tahun yang lalu.

Melalui APBN juga, kita dapat mengetahui prioritas apa yang sedang mendapat penekanan dari pemerintah sehingga seluruh masyarakat dapat menyatukan pandangan dan gerak langkah bersama pemerintah dalam mewujudkan pembangunan yang menjadi prioritas utama sesuai dengan yang digariskan dalam APBN.

APBN disusun sebagai pedoman penerimaan dan pengeluaran penyelenggara negara di daerah dalam rangka pelaksanaan otonomi daerah dan untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat. Dengan APBN maka pemborosan, penyelewengan, dan kesalahan dapat dihindari.

pengaruh apbn terhadap perekonomian

Pengaruh APBN terhadap perekonomian negara

Apabila negara mengalami gejala ekonomi yang buruk, APBN dapat digunakan sebagai alat untuk memperbaiki perekonomian. Contohnya, pada tahun 1982, Indonesia melihat harga BBM dunia terus menurun. Menurunnya harga BBM adalah pertanda buruk bagi Indonesia, karena Indonesia sangat menggantungkan penerimaan pada sektor migas.

Untuk memperbaiki keadaan tersebut, pada penyusunan APBN selanjutnya, pemerintah berusaha keras meningkatkan penerimaan dari sektor nonmigas, misalnya meningkatkan penerimaan sektor pajak. Penerimaan sektor pajak dapat ditingkatkan di antaranya dengan cara memperbaiki sistem pemungutan pajak di Indonesia.

Dampak APBN Terhadap Perekonomian Negara

  1. APBN digunakan untuk memperbaiki kestabilan perekonomian nasional
  2. APBN digunakan untuk menunjang sektor pasar yang ikut berperan dalam pertumbuhan ekonomi
  3. APBN menimbulkan investasi masyarakat
  4. Pendidikan dan pelatihan : jika berhasil menargetkan belanja pemerintah dapat meningkatkan produktivitas tenaga kerja dan memungkinkan pertumbuhan ekonomi jangka panjang yang lebih tinggi.
  5. Investasi infrastruktur : Pengeluaran yang lebih tinggi untuk jalan dan kereta api dapat membantu menghilangkan hambatan pasokan dan memungkinkan efisiensi yang lebih besar. Ini juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

Tanpa adanya APBN, negara tidak memiliki pedoman dalam melaksanakan seluruh kegiatannya, termasuk dalam melaksanakan pembangunan ekonomi, serta tidak memiliki alat (sarana) yang tepat untuk memperbaiki perekonomian. 

Artikel Terkait

This Is The Newest Post